Selamat datang di Blog Promotion in Global Marketing

disini kami mencoba untuk membagi dan memberikan pengetahuan tentang Promosi. Dimana kegiatan promosi ini wajib dilakukan oleh setiap perusahaan yang berkecimpung di dunia bisnis dengan persaingan yang super ketat pada saat ini agar tetap bisa bertahan dalam menjalankan bisnisnya.

Globalisasi telah menembus dinding pembatas antar negara dan menggantinya dengan perdagangan bebas lintas batas oleh karena itu persaingan semakin ketat antara produk-produk dalam satu kategori saling bersaing untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Banyak sekali produk dengan merek baru yang bermunculan dan bersaing untuk mendapatkan tempat di hati konsumen untuk menjadi produk unggulan sebagai pilihan utama konsumen.

Dalam kondisi seperti ini konsumen dalam posisi yang kuat, banyak pilihan untuk suatu kebutuhan sehingga konsumen bingung untuk memilih suatu produk. Melalui iklan dan saluran komunikasi pemasaran lainnya setiap produk menawarkan klaim dan janji kepada konsumen, disinilah pentingnya suatu promosi dalam upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Dalam menghadapi persaingan yang ketat promosi yang baik memberikan kredibilitas untuk sebuah produk yang baru. Promosi perlu mendapat perhatian yang lebih dan serius, sebab dalam kehidupan sehari-hari timbul suatu kenyataan bahwa betapapun besar keunggulan suatu produk, tetapi jika konsumen tidak mengetahuinya, kemungkinan produk yang ditawarkan kepada konsumen kurang direspon oleh pasar Oleh karena itu perusahaan harus berusaha untuk memperkenalkan produk, meyakinkan, dan mempengaruhi konsumen agar dapat menciptakan permintaan terhadap produk tersebut langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan promosi. Perusahaan bisa melakukan promosi dengan iklan di media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik seperti televisi, internet dan radio hal ini menunjukkan komitmen perusahaan tersebut untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui salah satu bauran pemasaran yaitu promosi

Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinnginan dan kebutuhannya. Suatu kegiatan promosi yang terdiri dari lima variabel bauran promosi yang meliputi

1. Variabel periklanan (advertising)

2. Promosi penjualan (sates promotion)

3. Hubungan masyarakal (public relations) dan publisitas (publicity)

4. Peniualan pribadi (personal selling)

5. Pemasaran langsung (direct marketing)

Jika dilaksanakan secara efektif dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan itu

Mudah-mudahan apa yang ada dalam blog ini bisa berguna bagi pembacanya kami sangat berterima kasih sekali apabila para pembaca blog ini juga turut berpartisipasi dalam membagi pengetahuan dan pengalamannya di bidang promosi yang akan menjadikan blog ini lebih bervariasi, kaya dan bermakna bagi kita semua.

Terima Kasih

Jumat, 10 Juni 2011

Bauran Promosi


Definisi bauran promosi menurut Kotler dan Armstrong (2001:512) mengemukakan bahwa “Marketing mix consists of the spesific blend of advertising, personal selling, sales promotion, public relation, and direct marketing tools that the company uses to pursue its advertising and marketing objectives.”
Menurut Lupiyoadi (2006:120-121) mengemukakan bahwa perangkat promosi mencakup aktivitas :
a.       Periklanan (Advertising)
        Dalam melakukan promosi, periklanan tidak hanya untuk memperkenalkan produk saja, periklanan dapat juga digunakan untuk membangun citra jangka panjang bagi suatu produk. Periklanan mungkin memiliki pengaruh pengaruh atas penjualan semata-mata karena kemunculannya. Periklanan data secara efisien menjangkau berbagai pembeli yang tersebar secara geografis.
b.      Promosi Penjualan (Sales Promotion)
        Alat promosi penjualan - kupon, kontes, harga premi, dan sejenisnya sangat beragam, semuanya memberikan tiga manfaat yang berbeda. Perusahaan menggunakan alat-alat promosi penjualan itu untuk menciptakan tanggapan yang lebih kuat dan lebih cepat. Promosi penjualan dapat digunakan untuk mendapatkan akibat jangka pendek seperti mendramatisir tawaran produk dan mendorong penjualan.
c.       Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Publicity)
        Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada kredibilitas yang tinggi, kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya, dan dramatisasi. Pemasar cenderung kurang menggunakna hubungan masyarakat, tetapi program hubungan masyarakat yang direncanakan dengan baik dan dikoordinasi dengan elemen bauran promosi yang lain dapat menjadi sangat efektif.
d.      Penjualan Personal (Personal Selling)
        Penjualan personal adalah alat yang paling efektif biaya pada tahap proses pembelian lebih lanjut, terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli.
e.      Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
        Pemasaran langsung merupakan sistem pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen dan untuk mendapatkan respon langsung dari  konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar